Wakil Bupati Samosir Gelar ‘Open House’ 2024

Untuk meningkatkan silaturahmi dan memupuk kebersamaan di antara jajaran Pemkab Samosir dan masyarakat dalam mengawali tahun 2024, Wakil Bupati Samosir menggelar 'open house', di rumah dinas, Senin (15/1/2024).

topmetro.news – Untuk meningkatkan silaturahmi dan memupuk kebersamaan di antara jajaran Pemkab Samosir dan masyarakat dalam mengawali tahun 2024, Wakil Bupati Samosir menggelar ‘open house’, di rumah dinas, Senin (15/1/2024).

Open house diawali dengan ibadah syukur dengan khotbah dari Ulangan 28:1-13 oleh Pdt Welley Pangalo. Kegiatan mengangkat tema, ‘Menuju Kabupaten Samosir semakin mendunia’.

Hadir Bupati Samosir Vandiko T Gultom, Forkopimda, para SAB, asisten, dan pimpinan OPD. Juga ada camat, kades, instansi vertikal/BUMN/D, tokoh masyarakat, tokoh agama, pers/LSM, dan ormas.

Dalam ‘open house’, Wakil Bupati berharap pada tahun 2024 Kabupaten Samosir semakin bangkit dan maju pembangunannya. Meninggalkan kebiasaan yang tidak baik agar pencapaian kinerja lebih baik dari tahun sebelumnya.

Menurutnya, berbagai pembangunan yang sudah ada tidak menjadi alasan untuk puas. Masih banyak yang perlu perbaikan. Khususnya pariwisata, perlu menggali objek wisata baru maupun situs sejarah dan budaya. Sehingga semakin menarik minat wisatawan mancanegara. Menciptakan even-even minimal sekali dalam tiga bulan guna peningkatan perekonomian masyarakat.

Peningkatan kesejahteraan masyarakat tidak cukup hanya dari sektor pariwisata tapi harus multisektor, termasuk pertanian, di mana 82 persen masyarkat hidup dari pertanian. Maka menjadi prioritas bagaimana meningkatkan kesejahteraan petani.

Kepala desa dan camat menjadi ujung tombak menciptakan desanya menjadi desa mandiri. Sebagaimana konsep pembangunan dimulai dari desa, maka dalam mengentaskan kemiskinan pimpinan OPD ditekankan bekerjasama yang baik guna mewujudkan Visi Kabupaten Samosir. Yakni, sejahtera dan bermartabat secara ekonomi pendidikan dan kesehatan.

Wabup menegaskan ASN untuk mampu menciptakan gagasan dan inovasi baru. Bekerja tulus, profesional, dan berintegrasi dalam melayani masyarakat. Masyarakat agar menjadi pelopor pemersatu dan mitra demi Samosir yang berdaya saing mewujudkan masyarakat sejahtera.

Pemilu 2024

Terkhusus dalam Pesta Demokrasi 2024, Martua mengajak masyarakat menjaga ketentraman. Serta tidak terprovokasi dengan hal negatif yang dapat memecah belah, sebab berbeda pilihan itu adalah hak.

Ketua TP PKK Rohana Martua Sitanggang mengatakan, akan mendukung Pemkab Samosir melalui berbagai kegiatan PKK sampai ke tingkat desa. Sedangkan Wakil Ketua DPRD Pantas M Sinaga berharap pembangunan di Samosir lebih mantap tentunya dengan meningkatkan kinerja.

Selanjutnya, mantan Wakil Bupati 2015-2020, Juang Sinaga, mengajak seluruh lapisan masyarakat memikirkan Samosir. “Ayo bangun Samosir. Kebersamaan kita sangat penting. Kita harus berbuat, apa pun profesi kita. Lahir di Samosir maka harus bertanggung jawab untuk kemajuan Samosir” ucap Juang

Sementara itu, tokoh Marga Sitanggang, Brigjen Pol (Purn) Antonius Sitanggang menyakini Samosir akan mendunia. Sebab indikasi sudah terlihat dengan terselenggaranya berbagai kegiatan internasional.

“Semoga tahun 2024 menjadi tahun yang baik, Kabupaten Samosir semakin mendunia. Jangan hanya menjadi angan-angan/mimpi. Perlu tindakan nyata bagaimana memelihara lingkungan, peningkatan SDM” ungkap Anton.

Dalam kesempatan tersebut, Antonius menyerahkan buku Bahasa Inggris kepada Pemkab Samosirr. Menurutnya, perkembangan pariwisata Samosir sangat perlu dapat dukungan masyarakat yang mampu ber-Bahasa Inggris. Selain itu juga harus ada keramahtamahan masyarakat sehingga bisa membangun komunikasi yang baik dengan wisatawan.

“Saya sangat cinta Samosir, saya lahir di Samosir. Untuk itu dalam bermedia sosial mari hindari ungkapan yang tidak sepatutnya. Akan tetapi membangun ungkapan yang membuat pembacanya senang. Majulah Samosir menjadi kabupaten yang modern, maju dan mendunia,” tutup Antonius.

sumber | RELIS

Related posts

Leave a Comment